Makna Berkurban

Makna Berkurban
Makna Berqurban

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idulfitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.
Iduladha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idulfitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.
.
Pusat perayaan Iduladha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.
.
Iduladha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Iduladha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji. (Wikipedia)
.
Idul adha mulai tgl 10 hingga 13 zulhijjah. Ada yang perlu untuk diketahui bahwa terdapat pelajaran edukasi dari nabi Ibrahim dan nabi Ismail. Sehingga dibalik hari idul adha bukan hanya sekedar ritual rutinitas tanpa bekas, tetapi seharusnya memberikan pelajaran yang membekas di hati.
.
Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.
.
Pelajaran edukasi nya ialah :
1. Harus Berkorban Untuk Allah
Percaya dengan kebesaran Allah apa yang kamu korban kan akan memberikan dampak signifikan yang sgt baik, berkorban untuk Allah adalah edukasi yang terbaik dari ini, sebuah bentuk ketaatan, kerelaan, dan kepasrahan menyerahkan sesuatu selama ini dicintai, di sayangi, dan dirindukan kehadiran seorang anak Soleh, disaat perintah itu di kabarkan perasaan bercampur aduk antara jawaban melakukan atau tidak melakukan. Yakin dengan firman Allah atau tidak? Sebuah peristiwa yang beradu antara akal dan perasaan. LetakLetak akal memikirkan hal realistis, yang akan mencari alasan mengapa hal itu perintah nya? Letak perasaan mengilhami nurani yang tdk dilampaui oleh akal. Hati yang taat akan menuntun ke arah yang taat. Maka nabi Ibrahim tetap kokoh melakukan perintah Allah SWT.
Jika kita arahkan ke kehidupan sehari-hari peristiwa ini bisa terjadi rasa enggan memberikan yang kita cintai, yang kita rindukan, dan yang kita sayangi kepada jalan Allah. Bentuk pengorbanan tergantung objektivitas masing-masing. Apa yang kamu korban kan?  Waktu, uang, harta, jabatan, istri, pacar, suami, ibu, anak, teman,? Apa yang kamu cintai itulah saat-saat dimana taat karena Allah didapat kan.
.
2.Buang sifat kebinatangan
Ketika berkurban lihat darah yang keluar coba tanamkan bahwa sifat kebinatangan diri dibuang, sehingga ayat derajat lebih buruknya dari hewan hilang.
.
3.Akan Ada Jalan Keluar
Siapa yang tawakal dan berusaha sungguh-sungguh maka akan ada jalan keluar.