KULIAH : PERTANYAAN KAPAN WISUDA


Ketika Dapat Pertanyaan Kapan Wisuda

Saat ditanya Kapan Wisuda
Kuliah sangat diinginkan oleh banyak sekali orang diluar sana, tapi kuliah tidaklah semudah seperti yang ada di ftv. kalau di tv kita pernah lihat orang-orang kuliah itu mudah dan nggak banyak tugas, maka kami katakan bahwa kalian salah. Saat kuilah itu malah yang banyak tugas, tulisan ini bukannya untuk menakuti tapi hanya untuk informasi. Apalagi kalau jurusan Tehnik atau jurusan yang banyak prakteknya akan diberikan tugas, tugas yang diberikan bukan untuk dosennya tapi tugas itu hanya untuk mahasiswa nya, agar mahasiswa nya lebih pintar. setuju?

Baca Juga : Mahasiswa Akhir Bulan

Tugas kuliah pun juga bisa nitip, apalagi jika tugasnya makalah kelompok akan ada satu orang yang ngetik dan cari buku sedangkan yang lainnya bertugas untuk ngeprint. Biasannya materi kuliah hanya dari semester 1 sampai semester 7 kecuali untuk orang-orang yang ngulang karena dapat nilai D, E atau C yang tiga SKS kemudian ngulangnya dengan anak semester bawah. Itupun yang diambil harus sesuai dengan semester genap atau ganjilnya, misalnya kita ngulang di mata kuliah Matematika Keuangan saat semseter 7 maka harus ngulang disemester 9 yang polanya sama-sama ganjil begitu juga dengan semester genap saat semester 8 harus ngulang saat semester 10, belum bisa semester 9 jadi nunggu setahun di semseter 10.


Pernahkah kamu ditanya hal-hal yang tak ingin dijawab. Ssat kuliah ditanya kapan wisuda, itu berasa ada kesan tertentu. Pertama kali ditanya kapan wisuda itu biasa saja, sampai pada titik dimana kita udah gak tau harus jawab apa lagi. Dijawab tahun ini, bentar lagi, masih nyusun, lagi ngetik, semuanya udah. Jawaban itu semua udah diberikan ke semua orang yang nanya, orang yang nanya kapan wisuda hampir semua orang, pernah orang tua, tetangga, teman yang udah wisuda, teman yang udah kerja, sahabat, paman, bibi, bulek, uwak. Dan itulah hal yang tak ingin lagi dijawab.

Pernah kita pulang kampung pun enggan untuk keluar rumah agar nggak ditanya wisuda, enggan ke lapangan bola, enggan ke tempat ibadah kadang subuh lah baru bisa, enggan ke pasar, enggan melangkah kemana pun karena sudah tak ingin menjawab lagi pertanyaan kapan wisuda.
Pernyataan ini sangat sensitif bgt bagi para mahasiswa akhir... Ada pernah tu kita udah tau ketika kita ketemu orang, dia udah beri isyarat untuk ke pertanyaan “kapan wisuda”, awalnya sih nanya, eh abang kok baru nampak, kemana aja? Nanya semester berapa dan Terus ke pertanyaan oh ya bang kapan wisuda?. 0_0
.
Jadi jangan ditanya kenapa orang perantauan yang kuliah tu jarang pulang, sebabnya karena gak mau jawab pertanyaan kapan wisuda, mereka hanya ingin menjawab lewat bukti bukan hanya ucapan. Itulah mungkin yang tepat. Oke selesai bahasan pertanyaan kapan wisuda. Hal ini mungkin bisa saja menjadi referensi orang lain, ketika pertanyaan berbeda tapi makna nya sama. Kapan kerja ? kapan nikah? Kapan punya anak? Kapan punya motor? Kapan punya mobil? Dan pertanyaan serupa lainnya. Jawablah dengan BUKTI itulah yang makna nya sama.

Baca Juga : Obat Malas

Semua Orang Punya Waktunya

Memang agak terkesan lebay yah, tapi kalau gak mau nerima yah gak apa-apa, dan kalau mau nerima yah syukur sama sekali gak ada pemaksaan. oke kita lupakan dulu clue tentang bukti dan kita beralih kepada waktu. Buat para mahaiswa yang belum wisuda janganlah kalian minder karena belum wisuda, karena setiap orang punya waktunya masing-masing, bukankah setiap bunga akan mekar ketika sudah waktunya maka jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Jalan hidup seseorang berbeda-beda dan gak mungkin sama. Diri kita gak akan sama dengan orang lain, hidup kita pun juga gak akan sama dengan orang lain.