Cara Menyembuhkan Batuk Dengan Bahan Alami

ini adalah obat batuk alami
Batuk terkadang membuat tenggorokan gatal, tergantung apakah itu batuk kering ataupun batuk berdahak. Jika terlalu sering meminum obat batuk yang bersifat kimia maka dalam jangka panjang akan memberikan efek yang buruk, berbeda dengan obat yang bersifat alami yang akan memberikan kesehatan dalam jangka panjang. Obat batuk alami merupakan resep dari dulu yang manjur dan telah dibuktikan oleh orang tua kita terdahulu yang terlihat sehat dan jarang sakit serta umurnya panjang. Setuju? karena jika orang tua sakit mereka akan mencari obat-obatan yang alami untuk kesembuhan mereka, dan bagaimana cara menyembuhkan batuk dengan bahan alami?

Penyebab batuk bisa karena asam lambung, alergi, infeksi, maupun cuaca ektrim yang tak menentu terkadang hujan dan terkadang panas. Obat batuk yang alami sering dijumpai di dapur seperti garam, madu, jeruk nipis, jahe, nanas, pappermint, kencur dan lain-lain. berikut ini penjelasan obat batuk alami sekaligus tata cara pengobatan.

1. Madu 
Madu adalah cairan yang menyerupai sirup namun lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga dari hasil mencari nektar bunga. Jika nektar pada sel sarang lebah sudah halus dan penuh maka akan ditutup. Dengan sarang 2x2 m lebah bisa menghasilkan 20 kg madu untuk setiap sarang. Ada 3 jenis tipe lebah dalam satu sarang yaitu seekor ratu, beberapa lebah jantan (untuk membuahi calon ratu baru), dan ribuan lebah betina pekerja. lebah pekerja bertugas mengurus dan mengumpulkan nektar. Manisnya madu hampir sama dengan gula, namun lebih menyehatkan madu. Madu merupakan zat yang baik bagi tubuh manusia, lebah menghasilkan yang baik-baik, jika ada satu lebah yang buruk dan mengacaukan madu maka lebah yang buruk itu akan dibunuh oleh lebah lainnya karena lebah akan menghasilkan yang baik-baik saja. Madu merupakan obat alami dari dulu yang bisa mengobati penyakit manusia, khususnya obat batuk namun bagaimana cara menyembuhkan batuk dengan madu? pertama campurkan madu dua sendok teh kedalam air hangat, bisa juga kedalam cangkir teh hangat atau air jeruk nipis, kedua aduklah hingga benar-benar merata. Minumlah campuran madu itu sekali atau dua kali sehari

2. Jahe
Jahe diperkirakan berasal dari India , namun ada juga yang bilang dari Tiongkok selatan. Pada zaman Kolonialisme jahe lah yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan kemudian jahe menjadi komoditas populer di Eropa. Jahe merupakan obat meredakan batuk kering atau asma karena sifat zatnya yang menyegarkan dan jahe bisa juga meredakan mual dan menyegarkan tenggorokan. cara pengobatan : ambil jahe 30 gram dan potong jahe menjadi beberapa bagian, kemudian sediakan air panas. selanjutnya irisan jahe itu masukkan kedalam secangkir air panas dan diamkan selama beberapa menit, tambahkan madu atau lemon untuk membuat rasanya lebih nikmat kemudian minum. Lakukan hal ini setiap hari satu kali agar lebih maksimal bisa lebih dari sekali perhari.

3. Nanas
Nanas atau ananas comosus adalah jenis tumbuhan yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Baru tahu ya nanas juga bisa mengobati batuk lho, karena nanas dapat mengeluarkan lendir dari tenggorokan. Nanas dapat memecah lendir-lendir di tenggorokan dan dapat meredakan batuk yang diderita. Makanlah sepotong nanas untuk meringankan masalah tenggorokan tapi jangan banyak-banyak ya dan jangan juga dimakan oleh anak-anak, atau orang dewasa yang menggunakan pengencer darah.

4. Pappermint
Pappermint merupakan jenis tumbuhan yang punya khas menthol. Menthol dalam pappermint berkhasiat menyegarkan dan menenangkan tenggorokan yang membantu membersihkan dahak dan lendir. Minyak pappermint berkhasiat untuk batuk dan lebih efektif untuk kesembuhan. Caranya tuang tiga atau empat tetes minyak pappermint ke dalam air panas kemudian gunakan kompres untuk diletakkan dia atas kepala, lalu tarik napas panjang di atas air rendaman.

5. Kencur
Kencur termasuk tanaman obat-obatan di Indonesia kencur telah berpuluh-puluh tahun digunakan dalam pembuatan obat alami dan tradisional. Kencur beraroma sangat harum, tanaman kencur banyak tumbuh di wilayah tropis penyebarannya sampai Asia seperti Indonesia, India, Bangladesh, Tiongkok dan Jepang. kencur adalah tanaman yang bisa menyembuhkan batuk, orang-orang dulu sering mengambil sarinya untuk meredakan batuk. Caranya parut kencur sampai halus, kemudian saring untuk mengambil sari kencurnya bisa ditambahkan madu agar rasanya lebih nikmat.

6. Air Putih Hangat
Namun jika di dapurmu tidak ada bahan-bahan seperti di atas maka bisa kamu gunakan air putih hangat untuk meredakan batuk dan melegakan tenggorokan Anda. Kelihatan hal sepele tapi ini adalah obat pertama yang bisa mengeluarkan lendir dan dahak Anda. Air putih hangat membantu melancarkan dan membersihkan tenggorokan sesaat dan termasuk obat pertama untuk batuk yang menyerang. Sediakan air hangat di gelas untuk dikonsumsi namun jangan terlalu panas ya.

7. Bawang Putih
Bawang putih sudah digunakan sejak lama sebagai obat oleh orang-orang dulu. Bawang putih selain sebagai bumbu pada masakan juga bisa meredakan batuk, namun bawang putih adalah obat alami yang mempunyai aroma bau yang menyengat tapi manjur untuk meredakan batuk karena kandungan zat pada bawang dapat membunuh bakteri penyebab batuk berdahak sehingga dapat meredakan batuk. Konsumsi saja bawang putih jika kamu bisa mengkonsumsinya.