GAME : Merugikan Atau Bermanfaat Untuk Kita


Game Merugikan atau Bermanfaat untuk kita
Game Merugikan atau Bermanfaat
Game Merugikan atau Bermanfaat

Pada era Milenial sekarang dimana pusat informasi dan internet sedang melanda anak muda sampai orang tua bahkan anak-anak yang masih kecil saja sudah bisa bermain internet. Game pun menjadi favorit permainan anak muda, seperti game online maupun offline. Game online bisa dimainkan menggunakan internet dengan menyambungkan ke berbagai pemain dimana pun, bisa dengan orang Inggris, China, maupun Amerika tergantung diserver mana ia masuk misalnya game online seperti Pubg, Mobile Legend, Free Fire, dan lain-lain, sedangkan game offline ialah game yang tidak tersambung ke internet dan dimainkan bersama orang yang terdekat. misalnya game Playstastion, GTA, Mario dan lain-lainnya. Kabarnya Game adalah hal yang Merugikan, namun ada juga yang Bermanfaat, dan bagaimana seharusnya kita menyikapi hal ini padahal game sudah menjamur dimana-mana dan tak akan mungkin lagi untuk dicegah.

Menurut Menteri Sekretaris Kabinet di Inggris, Tom Watson ia menyatakan bahwa bermain game adalah hal yang disarankan karena anak-anak akan mendapatkan pelajaran berharga dari game itu dari pada menonton televisi. Itulah mengapa anak-anak jika kita suruh menonton siaran berita televisi ia enggan, di game ia akan mendapatkan melatih pikiran, respon, konsentrasi, beradaptasi dengan tantangan, dan anak muda dapat belajar membaca dan berbicara bahasa asing. Meskipun ada manfaatnya game juga memberikan kerugian, Menurut Mayke S. Tedjasaputra pengajar senior di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.mengatakan bahwa sesorang membutuhkan hal yang nyata. Game elektronik yang bergerak, bersuara, dan berwarna akan memberikan stimulus yang berlebihan dan kuat pada orang tersebut, jika anak dari kecil sudah terbiasa dengan perangkat digital dikhawatirkan anak akan malas belajar statis bahkan pikirannya akan terfokus hanya kepada game semata, dan game dapat menimbulkan penyakir mata, telinga, kulit, dan tulang hal ini disebabkan karena radiasi yang dipancarkan komputer dan gadget.

Itulah Kerugian dan Manfaat yang ditimbulkan Game, Kemudian Bagaimana Sikap Kita Terhadap Game? Sikap kita terhadap game haruslah smart boleh saja bermain game online atau offline karena manusia juga butuh waktu untuk bermain agar refresh di game pun Anda dapat Belajar Membaca dan Berbicara Bahasa Asing Anda dapat Melatih Pikiran dan di game Anda dapat Beradaptasi dengan Tantangan,  namun jangan berlebihan dalam bermain game karena itu bisa menyita waktu Anda, Pengalaman Anda, Kesehatan Anda, untuk anak-anak pilihlah game yang menambah wawasan dan pengetahuan umum anak misalnya game tanya jawab, game pilihan ganda, dan game yang dapat membuat anak lebih smart . Usahakan bermain game tidak menggangu pertemanan, persahabatan dan tidak juga menggangu sekolah Anda.