Kesalahan Mahasiwa 1

Perpustakaan jantung Mahasiswa


Mahasiswa dalam bahasa inggris adalah collage student. Mahasiswa adalah sebutan bagi seseorang yang sedang menempuh pendidikan tinggi disebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Mahasiswa adalah agent of change yang menjadi pelopor sebuah perubahan, yang punya terobosan-terobosan terbaru yang briliant. Intelektual mahasiswa sangat ditunggu dalam menjadi pelopor perubahan ke arah yang lebih baik. Mahasiswa menurut para ahli memilki tiga hal yang melekat, yaitu Guardian Of Value, Agent Of Change, dan Moral Force. Kalau ditanya seseorang kamu mahasiswa mana? Ada yang jawab saya mahasiswa itp, saya mahasiswa unand, saya mahasiswa ui dan lain sebagainya. Dan mahasiswa demo mungkin sudah pernah kalian dengar ya. Hehe..

Dalam menjalani perkuliahan itu mahasiswa dituntut untuk menulis sebuah karya tulis ilmiah untuk strata 1 disebut SKRIPSI. Pelajaran yang membahas itu adalah metodologi penelitian, dan setelah tidak ada materi perkuliahan mahasiswa mulai menulis skripsinya. Dan disitulah dimulai kesalahan mahasiswa. Karena dia akan dihadapkan pada hal-hal yang saya sendiri tidak bisa menebaknya bagaimana. Hal ini mungkin berawal dari sebelum materi kuliah selesai. Berikut keterangannya :
Pada masuk kuliah pertama kali, mungkin ada tugas bernama Makalah. Makalah setiap pelajaran kuliah mungkin ada yang cuma nitip nama, cuma nitip duit print, cuma terima bersih, bagaimana mungkin? Ini biasanya pada makalah kelompok aja dan yang mengerjakan cuma satu orang. Ada lagi realita dimana SKS atau sistem kebut semalam menjadi hal yang biasa, jika tugas dikumpul besok pagi, maka dia baru ngerjakan semalaman dan dikebut. Jadilah namanya SKS, untung aja bukan KHS atau KRS ya.. hehe..

Istilah yang harus kita ingat adalah menunda itu buruk, dan SEGERA BERBUAT itu BAIK. Menunda mengerjakan makalah adalah awal dari menunda mengerjakan skripsi dan ini tidak disadari oleh sebagian lain. Dan bisa jadi mereka yang cepat wisuda itu merupakan orang-orang yang segera dalam buat Tugas Makalah. Right? Coba perhatikan, Apakah teman yang menunda dan tidak buat makalah cepat selesai wisudanya? Atau kalian belum wisuda ? hehe... beruntunglah Anda, karena masih bisa kuliah.

Saya punya pengalaman pribadi dalam perkuliahan, saat itu pelajaran untuk buat makalah. Ketika ada tugas untuk pembuatan makalah itu saya yang mengambil andil, saya yang ngetik, saya yang ngeprint, saya yang semuanya. Seminggu sebelum deadline nya sudah selesai. Dan itu merupakan pencapaian yang luar biasa, disaat orang-orang baru sibuk saat satu hari sebelum pengumpulan makalah. Endingnya kita lebih siap dan hanya tinggal membaca sedikit literatur makalah dan perfomance di depan. Teman satu kelompok bahkan tidak sedikitpun berbicara dalam explain materi, semuanya diserahkan ke saya sebagai kapten, hehe,,, dan itulah yang membuat saya dapat nilai A dari usaha dan doa yang dilakukan.

Apa yang sebenarnya yang membuat dapat A atau tidaknya? Kalau menurut observasi dan opini pribadi saya mahasiswa akan mudah beradaptasi dengan materi kuliah itu tergantung oleh penilaian pribadinya terhadap pelajaran. Kalau dari awal dia happy sama pelajarannya maka mudah saja, namun kalau dia felling hard dan negative thingking mungkin bakalan berat. Mungkin Anda pernah sebagai mahasiswa punya satu pelajaran yang bagi kalian asyik banget, walaupun teman tidak suka tapi kalian sangat suka dan happy, dan Anda senang banget sama pelajarannya dan kalian dapat nilai A. Right? Coba sebutkan pelajaran apa yang buat kalian felling good dan very good.

Saya pun pernah expreriance dan punya kesan happy di suatu pelajaran, otomatis sering bertanya dan sangat antusias dalam materi dan tugas di perkuliahan. Atas karena kesan baik dan happy itu merasakan adanya dorongan untuk work dan do the best dan bahkan menyelesaikan dan mengerjakan tugas sebelum waktunya. Very fast... dan uniknya teman saya terkejoet dengan nilai yang keluar dari kertas ujian-ujian yang dibagikan. Saya dapat nilai baik bener, dan dia yang mulai merasa famous nya mulai tergeser nih, hehe... karena nilainya dibawah saya. Karena prinsip saya belajar bukan untuk lombaan nilai, tapi karena saya sendiri senang dengan pelajaran itu.

Dan itu adalah penutup untuk literasi kali ini, dan untuk mengakhiri hal ini ada baiknya saya merangkum apa yang telah disampaikan.
Pertama, jadi mahasiswa jangan menunda tugas baik makalah ataupun skripsi, sks atau sistem kebut semalam harus ditinggalkan, dan segera mengerjakan tugas sebelum dikumpul dengan jarak 7 hari atau seminggu. Rigth?

Kedua, Intinya mahasiswa harus belajar untuk felling happy, possitive thingking, and loving. Kita mesti jatuh cinta sama pelajaran dulu, nanti hasilnya akan mengikuti. Kita harus suka dulu dengan pelajarannya nanti nilainya akan baik, kita mesti berfikiran senang dalam mengikuti pelajaran, hasil dan nilai akan mengikuti dibelakangnya. Siap do it ?

Baca Juga : Pertanyaan Kapan Wisuda