Tips Mendaki Lanjutan


Tips Mendaki Lanjutan
Tips Mendaki Lanjutan


5. Tenda
Tenda merupakan tempat untuk tinggal sementara saat di atas gunung, ada dua jenis tenda sih, ada yang hanya satu kain dan ada yang dua kain. Kalau yang dua kain gunanya jika hujan tidak terkena. Cuma bugjet lebih dalam sih. Lebih baik ya yang lebih nyaman dan aman, tapi kalau sudah terlanjur pakai yang satu, ya cobalah untuk ngecamp di cadas, dan jangan dipuncak. Karena di puncak ada angin kencang, terkadang ada badai. Angin dan air berhembus kencang.

6. Badan dalam keadaan sehat
Jika Anda dalam keadaan kurang fit, maka jangan memaksakan badan untuk tetap melanjutkan keinginan untuk mendaki. Mulainya untuk menyehatkan badan terlebih dahulu, kalau demam cobalah minum obat, kalau pusing cobalah minum obat, kalau sakit cobalah minum obat. Obatilah badanmu sampai punya fisik yang prima dan sehat, lalu kencangkan tas kerir dan mulailah perjalanan menyenangkan dan mendapatkan experiance baru.

7. Fisik dilatih
Latihanlah untuk berlari sebelum berangkat mendaki gunung sebab jika tanpa latihan fisik akan menyebabkan naik betis dan pegal yang bisa saja dampaknya sangat tidak diinginkan. Marathon lah selama seminggu setiap harinya, di hari pertama marathon cobalah rute terpendek terlebih dahulu ya, dihari kedua mulailah untuk memperpanjang rutenya, begitu seterusnya. Jika sudah cukup yakin dirasa untuk mendaki istirahatllah satu hari dulu. Lho kenapa harus istirahat? Iyalah untuk memfreshkan badan kamu karena sudah seminggu melakukan latihan fisik.

8. Apa yang dicari saat mendaki gunung
Kamu mencari apa diatas gunung? Apa yang menjadi motivasi? Cobalah untuk memahami ini terlebih dahulu dan jika sudah dapat maka simpanlah untuk kamu ingat kembali saat hampir menyerah. Kalau saya pribadi mau mendaki hanya untuk mendapatkan foto dan view yang alami dari puncak gunungnya. Dan saya percaya bahwa diam di kost aja nggak akan merubah apapun, akhirnya dengan tekad yang baik dan persiapan kami berangkat untuk foto dan mendapatkan view alami di pegunungan.

9. Senter
Senter digunakan untuk perjalanan yang gelap, bisa kalian beli dan juga bisa kalian sewa. Biasanya dibawah banyak sekali tempat untuk menyewa peratalan pendakian, dihitung perhari dan senter sangat urgent untuk pendakian jika tanpa senter saat mendaki ibarat kita berjalan tanpa kekasih. Artinya jalan itu sepi dan gelap, mestilah ada sebuah cahaya untuk menerangi jalan pendakian akhirnya senter adalah alat wajib untuk mendaki, tapi usahakan hemat batrai ya.

10. Pilih cuaca yang bagus
Pilihlah cuaca yang bagus untuk mulai mendaki. Musim hujan kalian akan mendapatkan medan yang curam dan licin sangat beresiko untuk mendaki apalagi sampai 3000 MDPL lebih. Untuk informasi bahwa digunung sangat dingin sekali. Kalau pakai jaket saja masih kedinginan maka pakailah doble baju dan jaket. Perunahan suhu yang sangat cepat kalau tubuh tidak beradaptasi dengan dinginnya bisa menyebabkan hipotermia lho, bukannya menakuti, tapi banyak para pendaki yang gugur karena hipotermia.

11. Beban bawaan jgn berat dan banyak hanya yang penting
Cobalah untuk membawa logistik yang tidak terlalu berat, dalam artian bawalah yang penting saja. Beban berat sangat menguras energi untuk mendaki, bukan seberapa berat beban yang kau bawa tapi seberapa jauh beban yang kau bawa. Maaf agak sedikit bijak hehe... pengalaman pribadi bawa botol air pakai jrigen yang 5 liter pakai tangan sangatlah rumit dan melelahkan soalnya jauh perjalanan sampai 9 jam. Tapi akhirnya kami masukkan tas saja agar lebih aman dari tumpahan air di tengah perjalanan.

12. Tabungan yang cukup dan lebih
Tabungan merupakan satu hal terpenting lainnya, agar kalian lebih leluasa bernafas mulailah mempunyai tabungan yang cukup. Jika sudah cukup apakah bisa mulai mendaki? Bisa sih, tapi sepertinya jika tabungan mu cukup saja sepertinya terkesan sedikit. Maka banyakkan nominal tabunganmu dan lebihkan tabunganmu dari kebutuhan pendakian, biar apa? Biar nanti saat pulang bisa membawa oleh-oleh dan cendramata untuk dapat dikenang momen yang sangat lelah itu.

Baca Juga : Tips Mendaki